Pages

Kamis, 23 Februari 2012

SOFTWARE UNTUK MENJADIKAN SOFTWARE MENJADI PORTABLE

Software Gratis. Bagi kita yang butuh kepraktisan dalam menggunakan sebuah software tentunya menggunakan software portable merupakan  alternatif pilihan yang bisa digunakan. Selain kita tidak perlu install di komputer/laptop tentunya software portable bisa dibawa kemana saja, dan bisa langsung digunakan.

Mungkin ada beberapa software yang portable ketika kita download, tapi kadang banyak software yang kita inginkan masih bersifat installer sehingga harus install dulu di PC/Laptop. Lha...yang jadi masalah kalau hardisk kita minim banget. Ada alternatif yaitu dengan membuat software installer menjadi portable. Banyak alternatif software yang bisa digunakan untuk menjadikan software instaler menjadi portable. Pada postingan ini akan saya berikan 2 software untuk menjadikan software installer menjadi portable. Selain ukuran file kecil, software-software ini juga free alias gratis. Oke langsung saja!

CAMEYO
Cameyo merupakan software virtualisasi gratis yang cukup kecil untuk membuat versi portable dari aplikasi yang sebelumnya harus melalui proses installasi. Pembuatan aplikasi portable dengan Cameyo sangat mudah, kita hanya perlu melakukan installasi software seperti biasa dan menjalankan beberapa langkah dengan Cameyo. Berikut langkah lebih detailnya:
  • Download software Cameyo ( 1.6 MB) dan Install di komputer
  • Setelah selesai install, jalankan program Cameyo, pilih menu Capture installation, maka Cameyo akan mulai memonitor sistem komputer.
  • Setelah proses monitor selesai, akan tampil window “Proceed with installation” yang artinya Cameyo siap memonitor software yang kita install
  • Mulai installasi software yang akan dibuat menjadi Portable, termasuk memasukkan serial number jika software tersebut memerlukannya
  • Setelah installasi software selesai, klik tombol Cameyo Install done, maka Cameyo akan memulai menyimpan file-file hasil installasi
  • Setelah selesai, kita bisa mengatur file yang akan dijalankan begitu aplikasi portable jadi
Anda tertarik bisa download Cameyo DI SINI (1,6 MB)


APPS PORTABLE CREATOR
Nih...alternatif lain untuk membuat software menjadi portable, namanya Apps Portable Creator. Langkah-langkah penggunaannya sebagai berikut:
  • Download Aplikasinya lalu ekstrak ke hard disk. Selanjutnya, pastikan flash disk yang dipakai untuk instalasi aplikasi sudah tercolok ke port USB di PC. Lalu buka folder hasil ekstraksi tadi.
  • Klik-dobel file “PAC Compiler.exe” hingga boks dialog “PAC Compiler” muncul. Aplikasi ini akan mencari aplikasi AutoIt.exe di hard disk. Jika tidak ada, aplikasi akan menawarkan diri untuk mengunduhnya dari internet. Klik [Yes]. Tunggui hingga aplikasi terunduh seluruhnya. Jika sudah, klik [Done].bila komputer kamu tidak tersambung ke internet bisa download aplikasinya disini ekstark dan klik file “Portable App Creator”.
  • Pada boks dialog “Portable App Creator”, pilih drive flash disk Anda di “Portable device located at drive”.
  • Klik [Next]. Klik [Browse...], lalu cari file installer dari software yang akan dijadikan portabel. Klik file installer berekstensi .exe, lalu pilih [Open]. Di sini, saya menggunakan file installer aplikasi Internet Download Manager. Klik [Next]
  • Sekarang kamu bakal dihadapkan pada wizard instalasi. Klik [Take 1st Shot]. Jika proses tuntas, klik [Install Applications]. Di proses ini, aplikasi yang akan dijadikan portabel akan diinstal.
  • Pastikan kamu memilih direktori flash drive sebagai “Destination Folder” saat penginstalan. Jika tidak, aplikasi tak akan terinstal ke flash drive. Ikuti proses instalasi hingga tuntas. Tutup wizard penginstalan, lalu kembali ke wizard di “Portable App Creator”
  • Klik [Get Shortcut Info]. Tentukan file aplikasi yang telah terinstal di flash drive pada kotak “Get the location of application to run” dengan mengklik [Browse] > [Open]. Tentukan lokasi shortcut aplikasi tersebut di “Get the location for the launcher”. Klik [Next]. Klik [Open/Close] untuk mengetes aplikasi. Jika berhasil berjalan, tutup jendela aplikasi.
  • Klik [Take 2nd Shot], dilanjutkan dengan [Process Shots]. Jika sudah selesai, klik tombol [Next]. Tunggu lagi hingga muncul tombol [Done]. Klik tombol tersebut. Kini aplikasi telah sukses terinstal di flash drive dan bisa dipakai kapan saja dan di komputer (Windows) mana saja
Anda tertarik bisa download DI SINI

Penting: Tidak semua software bisa dijadikan portable, ada beberapa software yang memang harus diinstal di komputer dan tidak bisa dijadikan portable.
Semoga Bermanfaat !!!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar