Pages

Kamis, 08 Desember 2011

PISANG BUAH DENGAN BERANEKA MANFAAT

Pisang merupakan buah yang mudah kita dapatkan dan relatif terjangkau harganya. Tapi, mungkin banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ternyata buah pisang memiliki keistimewaan dan manfaat luar biasa. Secara umum kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang yang matang adalah sebagai berikut: Nilai gizi per 100 g (3.5 oz) Energi 371 kJ (89 kcal), Karbohidrat 22,84 g, Gula 12,23 g, Diet serat 2,6 g, Lemak 0,33 g, Protein 1,09 g, Vitamin A equiv. 3 mg (0%), Thiamine (Vit. B1) 0,031 mg (2%), Riboflavin (Vit. B2) 0,073 mg (5%), Niacin (Vit. B3) 0,665 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,334 mg (7%), Vitamin B6 0,367 mg (28%), Folat (Vit. B9) 20 mg (5%), Vitamin C 8,7 mg (15%), Kalsium 5 mg (1%), Besi 0,26 mg (2%), Magnesium 27 mg (7%), Fosfor 22 mg (3%), Kalium 358 mg (8%), Seng 0,15 mg (1%). Secara umum kandungan dalam buah pisang sangat banyak, sehingga apabila seseorang mengkonsumsi buah pisang saja, sudah tercukupi minimal gizinya.

BERBAGAI MANFAAT PISANG

1. Sumber Kekuatan Tenaga
Pisang mudah dicerna, gula yang terdapat di buah ini diubah menjadi tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus untuk pembentukan tubuh, kerja otot, dan sangat bagus menghilangkan rasa lelah.

2. Manfaat untuk Ibu Hamil
Pisang juga disarankan untuk ibu hamil karena mengandung asam folat yang muah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan karena satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Manfaat bagi Penderita Anemia
Dua buah pisang yang dikonsumsi pasien anemia setiap hari sudah cukup karena mengandung Fe (Zat besi) tinggi.

4. Bagi Penderita Usus dan Perut
Pisang yang dicampur susu cair dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan asam lambung.

5. Manfaat bagi Penderita Lever
Dua Pisang yang dicampur dengan satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

6. Manfaat bagi Luka Bakar
Daun Pisang dapat digunakan sebagai pengobatan kulit yang terbakar, yaitu dengan mengoleskan abu daun pisang dicampur minyak kelapa. Hal ini akan mendinginkan luka.

7. Meningkat Konsentrasi Belajar
Sebuah penelitian tentang pisang yang dilakukan terhadap 200 pelajar di sekolah Twickehnham, Inggris dengan memberikan tambahan pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang menjelang akan dilaksanakan ujian. Hasilnya, konsumsi pisang membantu proses belajar mereka. Kalium yang terdapat pada pisang yang berperan meningkatkan konsentrasi belajar anak. Selain itu, kandungan vitamin B yang cukup tinggi pada pisang juga mampu mempertahankan aktifitas kerja sistem syaraf.

Itulah sekelumit manfaat dari mengkonsumsi buah pisang, masih banyak manfaat buah pisang yang belum disebutkann di artikel ini. Semoga Bermanfaat...!


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar