Pages

Rabu, 25 April 2012

KETIKA ORANG BERALASAN MENINGGALKAN IBADAH

Renungan. Pada hari kiamat akan dihadapkan empat golongan manusia yang meninggalkan ibadah ketika di dunia dengan berbagai macam alasan. Golongan pertama adalah orang kaya. Ketika orang kaya dihadapkan kepada Allah SWT, maka mereka beralasan,"Yaa Allah, hartaku telah menyibukkanku dari beribadah kepada-Mu."
 
Allah SWT bertanya,"Apakah kamu lebih kaya dari Sulaiman?Ia adalah orang paling kaya di dunia, namun ia tidak pernah lalai beribadah kepadaku".

Golongan kedua adalah hamba sahaya, maka mereka beralasan,"Yaa Allah, aku di dunia hanyalah seorang hamba sahaya dan majikanku melarangku dari beribadah kepada-Mu". Allah SWT berfirman kepadanya,"Yusuf juga hamba sahaya, tapi selalu beribadah kepadaku".

Lalu Allah SWT bertanya pada golongan ketiga, yaitu orang-orang miskin. Orang miskin berkata," Yaa Allah aku dulu adalah seseorang yang miskin, jadi aku tidak sempat beribadah kepadaMu". Allah bertanya," Apakah kamu atau Isa yang lebih miskin? Ia hanya memiliki seorang ibu, tidak berkerabat dan tidak berharta. Namun, kemiskinannya tidak membuatnya lalai dari beribadah kepada-Ku".

Lalu Allah SWT meminta pertanggungjawaban orang sakit. Orang sakit berkata," Yaa Allah dahulu aku sakit, makanya aku tidak sempat beribadah kepada-Mu". Allah bertanya, "Apakah sakitmu lebih parah dari Ayyub? Ayyub sakit parah untuk sekian, tetapi tidak menghalanginya untuk beribadah kepada-Ku".

Demikianlah saudara-saudaraku, tidak ada alasan bagi kita untuk meninggalkan ibadah kepada Allah SWT dalam kondisi apapun. Namun, tidak jarang diri kita meninggalkan ibadah dengan seenaknya, bahkan tanpa alasan apapun. Wahai..saudaraku, jika orang yang punya alasan saja masih mendapatkan siksa karena meninggalkan ibadah, maka apalagi diri kita yang suka menyepelekan dan meninggalakan kewajiban kita kepada Allah SWT, betapa lebih pedih siksa yang akan kita kita terima. Wallahu A'lam Bissawab.

Semoga bermanfaat !!!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar