Pages

Sabtu, 21 April 2012

TANAMAN HERBAL UNTUK PENDERITA DIABETES MELITUS

Kesehatan. Teman-teman punya kecenderungan penyakit diabetes melitus alias kencing manis?Atau mungkin ada dari saudara atau teman yang punya penyakit diabetes melitus?. Gejala umum yang penderita diabetes melitus antara lain cepat lelah, selalu merasa haus dan lapar, serta jika mengalami luka maka akan sulit untuk sembuh.

Nah...seperti kita ketahui bahwa pengobatan untuk penyakit ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit alias mahal. Sebenarnya ada beberapa tanaman herbal tradisional yang bisa diajdikan alternatif pengobatan diabetes melitus. Oke...langsung saja, ini tanaman-tanaman herbal untuk pengobatan diabetes melitus.

BUNGUR
Bungur adalah sejenis pohon yang tingginya bisa mencapai 5-25 meter, memiliki batang yang umumnya bengkok, dan daunnya berbentuk bulat panjang dengan panjang 24 cm dan lebar 12 cm. Bunganya bisa mencapai 40 cm panjangnya dan berwarna ungu.

Hampir semua bagian dari pohon bungur bisa dijadikan obat untuk diabetes melitus. Tetapi yang terbaik adalah daunnya yang sudah tua. Cara membuatnya adalah 30 gram daun bungur tua yang masih segar dari bungur berbunga ungu direbus dengan 150 ml air selama kurang lebih satu jam. Hasil rebusan dibagi menjadi tiga bagian yang sama dan diminum tiga kali sehari. Ramuan ini diminum satu jam sebelum makan dan diminum sampai diabetes melitus atau kencing manis sembuh.


SALAM

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman ini,yupzz....daun tanaman ini yang biasanya digunakan ibu-ibu sebagai bumbu penyedap masakan. Ternyata selain sebagai bumbu masakan, daun salam bisa dijadikan alternatif pengobatan diabetes melitus atau kencing manis karena daun salam bisa menetralkan kadar gula dalam darah.

Caranya, yaitu dengan merebus 75-100 gr daun salam dengan tiga gelas air. Direbus hingga airnya tersisa setengahnya. Dinginkan air rebusan dan saring, minum tiga kali sehari, masing-masing setengah gelas. Ramuan ini diminum terus-menerus hingga kadar gula darah menjadi netral. Ramuan harus diganti tiap dua hari sekali dengan yang baru.


DUWET
Tanaman ini berupa pohon yang batangnya bisa mencapai 15 m dan diameter batang 60 cm. Buah duwet berwarna biru keungu-unguan atau hitam. Adapula varietas lain yang buahnya berwarna putih. Biji duwet dapat menyembuhkan luka yang sulit sembuh. Selain itu, biji duwet dapat mengatasi gejala mudah lelah dan kurang tenaga.

Cara membuat ramuannya adalah satu biji duwet bawang (duwet yang bunganya berwarna putih) atau 15 biji duwet biasa ditumbuk halus dan direbus dengan dua gelas air. Air rebusan ini  diminum dua atau tiga kali sehari dan harus habis. Pemberian ramuan ini diberikan selama 2-3 hari, bila badan sudah segar dan tidak lelah, pemberian ramuan dihentikan. Ramuan ini hanya bisa untuk kencing manis yang masih ringan

PARE
Pare merupakan golongan sayuran yang merambat. Selain bisa digunakan sebagai sayuran, buah pare bisa dijadikan obat alternatif untuk diabetes melitus ringan. Caranya buah pare diparut atau dihaluskan, lalu diambil ekstrak perasan buahnya. Perasan  ini diminum tiga kali sehari sampai kadar gula menjadi normal.




UBI JALAR
Ubi jalar yang umbinya berwarna merah mampu menggantikan 76-86 unit insulin. Penderita kencing manis dapat mengkonsumsi 300 gram pucuk daun ubi jalar setiap hari sebagai lalapan. Akan tetapi, bagi yang memiliki penyakit maag jangan menggunakan resep ini. Pilihlah resep dari buah pare, biji duwet ataupun daun bungur.

Semoga bermanfaat !!!

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar