Pages

Senin, 12 Maret 2012

MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK PENGOBATAN HERBAL

Kesehatan. Jeruk nipis merupakan buah yang populer di Indonesia. Selain sebagai salah satu bahan untuk masakan, ternyata jeruk nipis memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Misalnya untuk mengatasi batuk bisa digunakan jeruk nipis sebagai alternatif pengobatan. Batuk biasa yang tidak disertai dengan demam dapat disembuhkan dengan menggunakan jeruk nipis yang dicampur kecap dan madu.

Cara membuatnya mudah sekali, yaitu satu buah jeruk nipis dipotong dan diperas. Kemudian, hasil perasan jeruk nipis dicampur dengan kecap dan madu dengan takaran yang sama. Untuk orang dewasa, hasil ramuan ini diminum tiga kali sehari, masing-masing satu sendok makan. Untuk anak-anak, hasil ramuan ini diminum tiga kali sehari dengan takaran satu sendok teh untuk sekali minum.

Bila batuk disertai pilek, ramuannya adalah perasaan jeruk nipis ditambah minyak kayu putih dengan takaran yang sama, lalu diberi sedikit kapur sirih. Kemudian diaduk sampai kencal seperti bubur. Hasil ramuan ini dilumurkan ke leher, dada, dan punggung sampai penderita merasa hangat.

Jeruk nipis dapat juga digunakan untuk mencegah keriput. Iris jeruk nipis, lalu peras airnya. Tambahkan satu sendok makan minyak kayu putih dan 1/4 sendok makan sirih, aduk sampai rata. Pakailah ramuan ini sebagai bedak tiap malam...!

Semoga Bermanfaat !!!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar