Pages

Rabu, 11 Januari 2012

MENGOBATI DISENTRI DENGAN KEMIRI

Kemiri merupakan salah satu bumbu masak yang digunakan dalam berbagai masakan. Tapi, tahukan teman-teman, ternyata kemiri memiliki manfaat untuk kesehatan. Minyak kemiri bisa dipakai sebagai obat gosok antipegal. Biji kemiri bisa dipakai sebagai obat sakit gigi, bisul, dan bengkak sendi. Selain itu, kulit batang kemiri diketahui mengandung 4,4% tannin. Oleh karena itu, air rebusan kulit batang kemiri sering digunakan sebagai obat disentri dan sariawan.

Untuk mengurangi sakit gigi, orang bisa menempelkan daun kemiri yang telah dipanaskan pada pipi dan pelipis. Bahkan, obat daun tempel ini bisa dipakai sebagai penetral sakit kencing nanah.

Biji kemiri merupakan sumber yang kaya akan lemak sekitar 60%. Namun, lemak kemiri tidak cocok untuk dijadikan minyak goreng dan lebih cocok dijadikan bahan sabun. Selain itu, minyak kemiri dipercaya menyuburkan rambut. Oleh karena itu, minyak kemiri banyak digunakan sebagai bahan utama krim, semir, atau tonik rambut. Penggunaan kemiri yang berlebihan bisa menyebabkan diare dan dapat memabukkan.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar