Pages

Rabu, 11 Januari 2012

SEBERAPAKAH NILAI SYUKUR KITA KEPADA IBU?

Renungan. Alkisah seorang Ibu tua duduk di taman rumahnya. Dilihatnya seekor burung bertengger di salah satu ranting pohon. Dia panggil putrinya yang sedang membaca majalah di teras rumah, dan beliau bertanya: "Nak...itu namanya burung apa?", Sang putri menjawab, "Burung kutilang, bu?". Sang ibu menganngguk. Kembalilah putri wanita tersebut ke teras rumah dan asyik membaca majalah. Dilihat lagi burung yang tadi bertengger di ranting bunga di depannya, dia panggil lagi putrinya, dan bertanya: "Nak,...itu burung apa namanya?", Si Anak menjawab, "Burung kutilang bu, tadi khan sudah saya beritahu". Si Ibu mengangguk. Kembalillah Si Anak tadi ke teras untuk membaca majalahnya. Setelah sekian menit, Si Ibu memanggil putrinya, dan bertanya, "Nak...itu namanya burung apa?" Si Anak dengan jengkel dan setengah membentak menjawab,"Ibu ini gimana sih, tadi khan sudah saya beritahu, namanya burung kutilang".

Sang Ibu meneteskan air mata mendengar bentakan anaknya. Dia masuk ke dalam rumah dan mengambil sebuah album kenangan keluarga. Dia bawa buku itu ke putrinya dan ditunjukkan foto masa kecil anaknya, di keterangan foto kenangan itu tertulis: "Hari ini aku dan putriku bermain di taman, dilihat oleh putriku seekor kupu-kupu hinggap di bunga, dia bertanya,"Bu...itu namanya apa?" Akupun menjawab "Kupu-kupu, nak!", Dia ulangi pertanyaan itu berkali-kali sampai 30x, dengan sabar aku menjawabnya". Melihat album kenangan itu, tanpa terasa air matanya menetes...dia merasa berdosa telah membentak-bentak ibunya, padahal ketika dirinya kecil, ibunya dengan sabar menjawab setiap pertanyaannya.

Yah...itulah sekilas gambaran tentang kasih sayang seorang ibu, sering kita melupakan perjuangan ibu kita ketika kita masih kecil. Ketika kita sudah menjadi orang dewasa atau sukses, kita sering melupakan jasa-jasa beliau. Bukankan beliau merawat kita dengan penuh kasih sayang tanpa pernah mengeluh sedikitpun?tapi, ketika kita yang disuruh sekali saja, maka yang sering keluar dari mulut kita adalah bentakan, umpatan, dan keluhan...Renungkanlah: Betapa kita ini adalah  anak-anak yang tidak tahu terima kasih kepada orang tua kita!. Bukankah Allah SWT telah mengingatkan kita:

" Hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". (QS. Al Isra': 23-24)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar