Pages

Kamis, 26 Januari 2012

SAMPAI DIMANAKAH BAKTI KITA KEPADA KEDUA ORANG TUA KITA???

Renungan. Pada suatu hari seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, "Aku mempunyai seorang ibu. Aku sudah menafkahinya tetapi ia masih saja menyakitiku dengan lisannya. Apa yang harus aku perbuat?".

"Tunaikanlah haknya. Demi Allah jikalau kamu potong dagingmu, niscaya kamu belum bisa menunaikan seperempat dari haknya. Tidak tahukah kamu bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu?". Laki-laki itu terdiam tidak berkata apapun. Lalu ia berkata, "Demi Allah aku tidak akan berkata sepatah katapun kepadanya." Lalu laki-laki itu pulang dan mencium kedua kaki ibunya seraya berkata," Ibu, inilah yang diperintahkan Rasulullah SAW kepadaku."

Demikianlah Rasulullah memerintahkan kita berbuat baik kepada Ibu kita. Rasulullah SAW juga bersabda, "Demi Zat yang mengutusku dengan kebenaran sebagai Nabi, tak seorangpun yang diberi rizki olaeh Allah SWT, lalu ia berbakti kepada orang tuanya melainkan ia bersamaku di surga. Salah seorang sahabat bertanya,"Wahai Rasulullah, bagaimana seandainya ia sudah tidak memiliki orang tua di dunia, apa yang harus dilakukannya?"

Ia bersedekah makanan, membaca Al Qur'an, dan memintakan ampun untuk kedua orang tuanya. Jika ia meninggalkan amalan ini, maka ia telah berbuat durhaka kepada keduanya dan jika ia durhaka, maka ia telah berbuat maksiat." Beliau bersabda," Tidaklah seorang umatku yang sholat fardu dan mohon ampun untuk kedua orang tuanya, doanya tidak akan ditolak dan diampuni dosanya karena doa untuk kedua orang tuanya itu. Meskipun kedua orang tuanya itu termasuk orang-orang yang fasik."

Pertanyaannya...Sejauh manakah bakti kita kepada orang tua kita??? Mari kita sayangi orang tua kita yang masih hidup, berbaktilah dan hargailah mereka, maka Insyaallah hidup kita akan barokah baik di dunia maupun di akhirat. Renungkanlah Firman Allah SWT di bawah ini:

Allah telah menetapkan agar kalian tidak beribadah melainkan kepada-Nya; dan hendaklah kalian berbakti kepada kedua orang tua.” (Al-Israa : 23)

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, “Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (Al-Israa : 24)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar