Pages

Senin, 02 Januari 2012

MENTIMUN SEBAGAI OBAT ALTERNATIF BERBAGAI PENYAKIT

Kita sebagai orang Indonesia tentunya tidak asing dengan yang namanya mentimun. Yupz...buah segar yang bisa dijadikan bahan minuman dan campuran makanan ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Adapun bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alternatif adalah bagian bunga, daun dan buahnya.

Bunga mentimun bisa dipergunakan untuk ramuan obat penyakit kuning, mual, muntah, dan liver. Menurut Drs. Dirman Sudirman, Kasubdin Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, untuk membuat ramuan obat liver dapat dilakukan dengan merebus atau menyeduh bunga mentimun secukupnya, lalu diminum dua kali sehari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penyembuhan penyakit liver, penggunaannya selama enam bulan.

Buah mentimun yang masih muda cocok untuk menambah nafsu makan, mengobati sariawan, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya mentimun direbus, setelah airnya dingin kemudian disaring dan diminum. Selain itu, buah mentimun juga bisa digunakan untuk kosmetik, yaitu dengan cara buah diparut kemudian dilulurkan pada kulit yang hendak diobati atau dihaluskan. Atau bisa juga sebagai masker untuk wajah.

Daun mentimun digunakan untuk memperlancar pencernaan dan sembelit. Caranya dengan merebus daunnya dan dijadikan lalapan.

Semoga Bermanfaat ...!!!!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar